Tuesday, May 23, 2017

Mengenal apa itu Responsive Web?

pict by responsive scorenophetinternet
Mediarga.com - Pertumbuhan pengguna mobile device  melonjak dalam pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun ini. Menurut data dari IDC tahun 2013 vendor smartphone mengapalkan 1 milyar smartphone ke seluruh dunia. Smartphone memiliki share sebesar 31,4% dari total mobile phone seluruh dunia. Yang mencengangkan pada tahun 2012 ada pertumbuhan sebesar 300 juta unit dengan rata-rata pertumbuhan 38,4%.

Dengan semakin cepatnya adopsi perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, maka kebutuhan akan website yang ramah di perangkat mobile semakin tinggi.

Jika SEO adalah salah satu strategi anda dalam digital marketing, maka memiliki website yang mobile-friendly (Web Responsive) adalah sebuah keharusan.

Responsive Website

Responsive website adalah website yang bisa menyesuaikan tampilan layoutnya berdasarkan ukuran viewport dari device yang digunakan mulai dari smartphone, tablet atau computer screen. Dengan responsive website bisa memberi pengalaman yang optimal bagi  pengguna dengan resizing, scrolling dan panning seminimal mungkin. Perkembangan teknologi mobile device begitu pesat melahirkan mobile device dengan ukuran layar yang berbeda dengan merek yang begitu variatif. Smartphone yang diproduksi oleh berbagai vendor memiliki varian ukuran. Dengan responsive website,  website bisa menyesuaikan dengan ukuran viewport device pengaksesnya.

Satu Website, Banyak Perangkat

Salah satu fitur yang paling penting dalam website responsive adalah website responsive akan memberikan pengalaman akses yang baik diberbagai perangkat yang berbeda dan memiliki resolusi layar yang berbeda-beda. Ini sangat penting karena sangat sulit untuk memberikan pengalaman yang baik di era saat ini yang memiliki berbagai macam ukuran layar perangkat.

Berikut contohnya, seseorang mencari sebuah produk melalui smartphonenya saat makan siang. Ia menemukan sebuah website yang menyediakan barang yang ia inginkan, dan memutuskan untuk melanjutkan mempelajari produk ini ketika nanti dirumah. Ketika ia sampai dirumah dan membuka web tersebut dari desktop/computer dirumahnya, karena web yang ia buka responsive, maka ia tidak akan mengalami kesulitan karena pengalaman yang sama saat ia membukanya dari smartphone.

Lebih Mudah Dikelola

Memiliki website untuk desktop dan mobile yang berbeda mengharuskan kita memiliki SEO marketing yang berbeda juga. Ini adalah salah satu keuntungan yang dimiliki oleh website responsive. 

Kesimpulan

Website responsive direkomendasikan oleh Google, web responsive memungkinkan satu website memberikan pengalaman yang sama baiknya diberbagai perangkat yang memiliki resolusi layar yang berbeda dan membuat pengaturan SEO anda lebih mudah. Hal ini akan menarik perhatian pengunjung untuk mengunjungi website anda yang responsive.

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

0 comments:

Post a Comment

Sudah siap punya toko online sendiri?

Back to top