Sunday, April 2, 2017

Smark Parking, Startup Layanan Parkir Tawarkan Kemudahan Parkir di Pusat Perbelanjaan

pict by twitter smark
Mediarga.com - Untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan menjadi salah satu kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya bertujuan untuk memenuhi keperluan harian, kunjungan juga bisa menjadi sarana hiburan yang cukup menarik. Sayangnya, kesenangan tersebut tidak serta merta diikuti dengan kenyamanan memarkirkan kendaraan di pusat perbelanjaan ternama.

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang berada di jantung kota Jakarta, kemudahan parkir tentu menjadi salah satu hal penting. Di sisi lain Grand Indonesia melihat potensi teknologi dan mengumumkan kolaborasinya dengan startup yang membantu kemudahan memarkir kendaraan Smark.

Momen kolaborasi yang berlangsung pada 23 Maret 2017 sekaligus menjadi hari perkenalan produk Smark ke muka publik.  Smark sendiri menawarkan layanan kemudahan memarkir kendaraan dari lahan khusus yang sudah mereka siapkan.

Apa yang ditawarkan Smark sekilas mirip dengan beberapa startup lainnya seperti ParkiranID, Jukir.co, dan startup asal Bangkok, Parking Duck, hanya saja Smark mengklaim bahwa tim mereka lebih menekankan perbedaan dari segi pelayanan.
(Baca Juga: Wah! Teknologi Asisten Pribadi Virtual Bakal Jadi Fitur Wajib Diberbagai Perangkat)
Nah, Ide tentang Smark sendiri awalnya berawal dari dua orang, yakni Muhammad Syahril Sahib dan Alirizal Syarfuan yang melihat adanya kebutuhan praktis untuk mendapatkan lokasi parkir dalam pusat perbelanjaan di tahun 2015. Setelah sekian waktu menggodok ide ini, Kemal Putra yang memiliki pengalaman di bidang marketing dan advertising kemudian bergabung sebagai Co-Founder Smark.

pict by divertone
Kemal Putra menjelaskan kepada Tech in Asia Indonesia, Smark sendiri secara efektif resmi diluncurkan pada tanggal 3 Maret 2017 dan sejauh ini telah memperoleh respons yang cukup baik dari konsumen, terutama pengunjung mal Grand Indonesia.

Seluruh proses reservasi parkir dalam aplikasi Smark sendiri dilakukan secara digital, mulai dari pemesanan, masuk, hingga pembayaran. Untuk bisa memanfaatkan layanan ini, pengguna perlu mengunduh aplikasi Smark ke dalam smartphone dan melakukan top-up saldo melalui layanan pembayaran Doku.

Kemudian untuk membuka akses menuju lokasi parkir, pengguna Smark perlu mendapatkan kode QR dari aplikasi Smark dan untuk selanjutnya proses parkir akan mendapat arahan dari petugas. Kemal sendiri mengklaim saat ini Smark telah mendapat lebih dari dua ribu unduhan dalam kurun waktu dua minggu dan mulai aktif digunakan pengunjung Grand Indonesia.

“Rencananya bulan Juni nanti, kami akan finalisasi kontrak dengan enam pusat perbelanjaan, untuk sementara kami sekarang fokus kepada kolaborasi di Grand Indonesia ini” ungkap Kemal

Melihat potensi yang ada saat ini, ke depannya Smark akan berekspansi dengan melakukan kerja sama lahan parkir khusus di beberapa pusat perbelanjaan di wilayah Jabodetabek. Saat ini Smark masih beroperasi dengan pendanaan dari modal sendiri (bootstrap)  dan Kemal mengungkapkan pihaknya cukup terbuka untuk pendanaan dari pihak investor. Cari Parkir Tanpa Mikir lagi ya bru?

(wb)
Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

0 comments:

Post a Comment

Sudah siap punya toko online sendiri?

Back to top