Saturday, April 8, 2017

Hati-Hati! Kini Wifi jadi Sarana Hacker untuk Retas Android

android/pict by indextech
Mediarga.com - Mungkin sudah tidak asing lagi dengar kata hacker, penganalisa dan pengekploitasikan pada sistem internet. Peretas (Hacker) tampaknya semakin pintar mencari celah untuk menyerang mangsanya. Jaringan wifi yang sering digunakan pun kini menjadi sarana hacker untuk menyerang korban.

Seperti diungkapkan oleh peneliti keamanan yang tergabung dalam Project Zero, Gal Beniamini yang menyebutkan bahwa ada kerentanan pada perangkat Android. Hacker bisa menyerang perangkat tersebut hanya dengan terhubung pada wifi yang berada di dekat pengguna Android.

Menurut peneliti tersebut, hacker bisa mengeksploitasi sasarannya tanpa membutuhkan interaksi dengan perangkat yang terhubung dengan wifi. Dikutip dari Neowin, Jumat (7/4/2017), dalam pengujiannya, peneliti bisa mengubah bagian tertentu di sistem penyimpanan memori.
(Baca Juga: Kisah Remaja 13 Tahun Ini, Jadi Hacker Demi Menciptakan Internet Aman)
Hal itu dilakukan dengan mengirimkan kode arbitrer melalui frame wifi yang berisi nilai-nilai yang tak teratur. Meski hanya menyisipkan kode berbahaya selama pengujian, hacker bisa masuk ke sistem dengan cara yang sama guna membobol informasi di dalam perangkat.

Sebenarnya, kerentanan tak hanya ditemukan di perangakat Android. Pasalnya Broadcom, chip nirkabel yang menjadi sumber kerentanan juga ditemukan di perangkat iOS. Namun pada Senin 3 April 2017, Apple telah merilis iOS 10.3.1 guna menambal celah di sistem keamanannya.

Sementara Google dikabarkan masih mengerjakan patch keamanan terbaru yang bakal menjadi tambalan keamanan pada April. Kendati demikian, langkah yang bisa dilakukan penggunanya saat ini ialah tidak mengaktifkan wifi secara sembarang di publik. Berhati-hati ya bru!

(wb)
Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

0 comments:

Post a Comment

Sudah siap punya toko online sendiri?

Back to top