Wednesday, April 19, 2017

Hati-hati! Aplikasi di Google Play Ini Rentan Curi Uang di Rekening Anda

pict by agungnugraha
Mediarga.com - Beberapa hari yang lalu, Perusahaan IT security ESET telah mengidentifikasi virus berbahaya di Google Play. Virus itu memungkinkan penipu mendapatkan rincian data login pengguna dan mencuri uang mereka.

Salah satunya disebut "Boost Views" dan diunduh hingga ribuan kali. Aplikasi ini menjanjikan pengguna bahwa mereka akan mendapatkan uang jika menonton konten YouTube melalui aplikasi.

Ia juga menawarkan untuk meningkatkan pembelian konten di akun YouTube dengan menggunakan sistem kredit. Pengguna yang menggunakan aplikasi diundang untuk mengotentikasi akun PayPal. Namun, tak lama setelah otentikasi tersebut uang mereka hilang dari rekening.
(Baca juga : Star Wars: Battlefront II Siap Rilis November 2017)
Aplikasi berbahaya lainnya disebut "PaxVendor", yang berpura-pura memiliki koneksi sah ke pasar perdagangan Bitcoin, Paxful. Ketika diluncurkan, Paxvendor menginstruksikan pengguna untuk menonaktifkan otorisasi Google atau SMS di akun Paxful mereka, untuk menghindari hambatan otentikasi dua faktor. Program penipuan dipasang hingga 500 kali dalam waktu seminggu, sebelum ESET diinformasikan Google Play dan PaxVendor ditarik dari toko online.

Pekan lalu sebuah studi oleh Google dan University of California, San Diego melaporkan bahwa "scammer" menggunakan Google Maps untuk menipu pengguna internet mencari daftar lokal. Dengan mengambil alamat yang sudah ada, mereka menciptakan daftar palsu dan digunakan untuk memberikan layanan dari industri jasa on-call yang mahal. Demikian dinukil dari Sputniknews, Selasa (18/4/2017). Bahaya juga ya bru!

(wb)
Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

0 comments:

Post a Comment

Sudah siap punya toko online sendiri?

Back to top