Saturday, April 16, 2016

Dirgahayu ke-64 Kopassus

kopassus indonesia

Mediarga.com, Tangerang - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tepat pada 16 April 2016 merayakan hari jadinya yang ke-64. Pasukan dengan ciri khas baret merah tersebut adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Pembentukan Kopassus berawal dari Kolonel A.E Kawilarang pada 16 April 1952 membentuk Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT). Di mana dirinya menginginkan adanya pasukan yang bergerak tangkas dan cepat.

Ide pembentukan kesatuan komando ini berasal dari pengalaman Kawilarang menumpas gerakan Republik Maluku Selatan (RMS). Kesulitan menghadapi pasukan RMS menjadikan Kawilarang bersama Letkol Slamet Riyadi membentuk kesatuan komando ini.

Setelah berganti nama mulai dari Korps Komando Angkatan Darat (KKAD), Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), Pusat Pasukan Khusus AD (Puspassus AD), Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha), hingga pada 26 Desember 1986 saat terjadi reorganisasi di tubuh Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) resmi disematkan nama Kopassus.

Dalam perjalanan sejarahnya, beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus di antaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, dan penumpasan G30SPKI. 

Selain itu, Kopassus juga turut mengawal Pendapat Penetuan Rakyat (Pepera) di Irian Barat pada 1969, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya.

Lantaran misi dan tugas operasi yang bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan Kopassus tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh. Kopassus memiliki motto; berani, benar, berhasil.

sumber
Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

0 comments:

Post a Comment

Sudah siap punya toko online sendiri?

Back to top